SUPLEMEN RESEP LANGIT

 


QS. An-Nahl Ayat 69

ثُمَّ كُلِىۡ مِنۡ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسۡلُكِىۡ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا‌ ؕ يَخۡرُجُ مِنۡۢ بُطُوۡنِهَا شَرَابٌ مُّخۡتَلِفٌ اَلۡوَانُهٗ فِيۡهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيَةً لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ‏

Arab-Latin: ṡumma kulī ming kulliṡ-ṡamarāti faslukī subula rabbiki żululā, yakhruju mim buṭụnihā syarābum mukhtalifun alwānuhụ fīhi syifā`ul lin-nās, inna fī żālika la`āyatal liqaumiy yatafakkarụn


Terjemah Arti: Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.


Referensi: Tafsirweb


Ayat di atas menerangkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'alaa telah terang-terangan memberi petunjuk kepada manusia tentang zat yang dihasilkan lebah mampu menjadi penyembuh bagi manusia. Sebagai muslim, kita wajib mengimaninya. Selain menghasilkan madu, ternyata lebah juga menghasilkan cairan berupa getah yang diambil dari berbagai macam pohon. Ya, getah ini bernama propolis, istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebab, banyak produk kecantikan dan kesehatan yang menggunakan komposisi propolis dalam produknya. 



Lalu, apa saja kandungan dari propolis hingga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan? 

Kandungan aktif yang diketahui terkandung dalam propolis adalah polifenol (flavonoid, asam fenolat, dan esternya), terpenoid, steroid, dan asam amino (Bankova 2008; Kumazawa 2007).


Apa saja manfaat propolis?

1. Membantu peningkatan sistem imun tubuh

2. Sebagai antioksida, membantu menangkal radikal bebas perusak sel sehat

3. Membantu menetralisir racun

4. Membantu mencukupi gizi harian

5. Membantu menangkal ancaman kuman dan penyakit

6. Flavonoid dalam propolis berfungsi sebagai anti radang dan infeksi. 

7. Membantu kesehatan kulit


Apakah anak-anak boleh mengonsumsi propolis? 

Tentu saja! Dengan pertimbangan usia dan berat badannya, anak bisa mengonsumsi propolis agar lebih sehat, tidak mudah terkena flu dan demam, konsentrasi belajar membaik, lebih ceria karena nutrisi dan gizi yang membaik, pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak optimal karena nutrisi yang cukup.

Nah, itu tadi kandungan dan manfaat dari propolis yang dihasilkan makhluk kecil bernama lebih.

Setelah membaca ini, apakah Anda perlu berpikir ulang untuk menjadikan propolis sebagai suplemen harian?


Komentar

Postingan Populer

GALERI

GALERI